ARE YOU NURSING MANIA ???

Minggu, 13 Desember 2009

Teori Dasar Keperawatan

1. VIRGINIA HENDERSON

Virginia Henderson lahir di Virginia Barat. Pada tahun 1964, beliau meraih gelar BSN di Universitas Colorado. Pada tahun 1966, beliau meraih gelar M.S. di Universitas Colorado. Pada tahun 1973, beliau berhasil meraih gelar PhD.

Teori keperawatan Virginia Henderson mencakup seluruh kebutuhan dasar seorang manusia. Henderson mendefinisikan keperawatan sebagai:

“membantu individu yang sakit dan yang sehat dalam melaksanakan aktivitas yang memiliki kontribusi terhadap kesehatannya dan kesembuhannya. Dimana individu tersebut akan mampu mengerjakannya tanpa bantuan bila ia memiliki kekuatan, kemauan, dan pengetahuan yang dibutuhkan”

Tujuannya untuk bekerja secara mandiri dengan tenaga pemberi pelayanan kesehatan, membantu klien untuk mendapatkan kembali kemandiriannya secepat mungkin untuk dapat memenuhi 14 kebutuhan, yaitu :

1. Bernafas secara normal

2. Makan dan minum cukup

3. Eliminasi

4. Bergerak dan mempertahankan posisi yang dikehendaki

5. Istirahat dan tidur

6. Memilih cara berpakaian

7. Mempertahankan temperatur tubuh dalam rentang normal

8. Menjaga tubuh tetap bersih dan rapi

9. Menghindari bahaya dari lingkungan

10. Berkomunikasi dengan oranglain

11. Beribadah menurut keyakinan

12. Bekerja yang menjanjikan prestasi

13. Bermain dan berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi

14. Belajar kembali atau memuaskan rasa keingintahuan yang mengacu pada perkembangandan kesehatan normal


2. JEAN WATSON

DR. Jean Watson adalah distinguished profesor of nursing dan dianugrahi gelar Chair dalam peduli science di University of Colorado Health Sciences Center. Beliau adalah pendiri asli Pusat Peduli Manusia di Colorado dan merupakan mahasiswa dari American Academy of Nursing. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Dekan KEPERAWATAN di University Health Sciences Center dan merupakan mantan presiden Liga Nasional untuk keperawatan.

Filosofi Watson tentang asuhan keperawatan berupaya untuk mendefinisikan hasil dari aktivitas yang berhubungan dengan aspek humanistik dari kehidupan. Pandangan teori ini memahami bahwa manusia memiliki empat cabang kebutuhan manusia yang saling berhubungan, diantaranya:

1. Kebutuhan Biofisikal (kebutuhan untuk hidup)

  • Kebutuhan makan dan cairan
  • Kebutuhan eleminasi
  • Kebutuhan ventilasi

2. Kebutuhan Psikofisikal (kebutuhan fungsional)

  • Kebutuhan aktivitas dan istirahat
  • Kebutuhan Seksualitas

3. Kebutuhan Psikososial (kebutuhan integrasi)

  • Kebutuhan Berprestasi
  • Kebutuhan Berorganisasi

4. Kebutuhan Intrapersonal-interpersonal (kebutuhan untuk pengembangan)

  • Kebutuhan aktualisasi diri

Berdasarkan empat kebutuhan tersebut, Watson mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang sempurna yang memiliki berbagai macam ragam perbedaan sehingga dalam upaya untuk mencapai kesehatan, manusia seharusnya dalam keadaan sejahtera baik fisik, mental dan spiritual. Untuk mencapai kesejahteraan tersebut, Keperawatan harus berperan dalam meningkatkan status keshatan, mencegah terjadinya penyakit, mengobati berbagai penyakit, dan penyembuhan kesehatan.

2. DOROTHEA OREM


Lahir di Baltimore,Maryland. Pendidikan Diploma (1930), Providence Hospital School of Nursing, Washington DC. Pada atahun 1939 beliau meraih gelar BSN Ed. dan tahun 1945 MSN Ed. berhasil diraih dari The Catholic University of America, Washington DC. Beliau juga meraih gelar Doctor of Science dari Georgetown University tahun 1976 dan Incarnate Word College di San Antonio Texax tahun 1980 serta Doctor of Humane Letters dari Ilinois tahun 1988 dan juga Doctor Honoris Causae dari University of Missouri-Collumbia tahun 1998.

Dorothea Orem menekankan pada kebutuhan klien tentang perawatan diri sendiri . Keperawatan merupakan perhatian tertentu pada kebutuhan manusia terhadap tindakan perawatan dirinya sendiri secara terus menerus untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan, penyembuhan dari penyakit atau cedera dan mengatasi kemungkinan yang ditimbulkannya.

Konsep praktik keperawatan Orem mengembangkan 3 bentuk teori Selfcare

1. Teori Selfcare

Merupakan aktivitas dan inisiatif dari individu serta dilaksanakan oleh individu iti sendiri dalam memenuhi serta mempertahankan kehidupan.

Kemampuan individu dalam melakukan perawatan diri sendiri yang dapat dipengaruhi oleh usia, perkembangan, sosiokultural, kesehatan, dll.

Adanya tuntutan atau permintaan dalam perawatan diri sendiri yang merupakan tindakan mandiri yang dilakukan pada waktu tertentu, dengan menggunakan metode dan alat dalam tindakan yang tepat

Suatu tindakan yang ditujukan pada penyediaan dan perawatan diri sendiri, yang bersifat universal dan berhubungan dengan proses kehidupan manusia serta dalam upaya mempertahankan fungsi tubuh. Selfcare yang bersifat universal itu adalah kebutuhan dasar manusia .Sifat dari selfcare adalah untuk perkembangan kepercayaan diri serta ditujukan pada penyimpanan kesehatan yang memiliki ciri perawatan yang diberikan dalam kondisi sakit atau dalam proses penyembuhan.

2. Teori Selfcare Deficit

Orem memiliki metode untuk proses meningkatkan kualitas maupun kuantitas. Diantaranya berbuat untuk oranglain sebagai pembimbing oranglain, memberi support, meningkatkan pengembangan lingkungan untuk pengembangan pribadi serta mengajarkan atau mendidik oranglain .

3. Teori Nursing System (Teori sistem keperawatan)


Identifikasi Orem dalam sistem pelayanan keperawatan:

1. Sistem bantuan secara penuh (Wholly Compensatoru System)

Merupakan suatu tindakan keperawatan dengan memberikan bantuan penuh pada pasien dikarenakan pasien tersebut tidak mampu memenuhi tindakan keperawatan secara mandiri.

2. Sistem bantuan sebagian (Partially Compensatory System)

Perawatan ini ditujukan pada pasien yang memerlukan bantuan secara minimal.

3. Sistem Supportive dan Edukatif

Bantuan ini diberikan pada pasien yang membutuhkan dukungan pendidikan ,dengan harapan pasien mampu melakukan perawatan sendiri.


4. MADELEINE M. LEININGER


Madeleine M. Leininger adalah penemu ilmu keperawatan antar budaya dan pemimpin teori keperawatan antar budaya dan perawatan manusia. Beliau dilahirkan di Suthon, Nebraska. Ia memulai karir keperawatan setelah lulus dari program Diploma pada St. Antoni’s school of Nursing di Denver. Pada tahun 1950 ia meraih gelar B.S. pada ilmu biologi dari Benedictine College Atchison,Kansas. Pada tahun 1954, ia mendapat gelar M.S.N(Master in Science in Nursing) dalam bidang keperawatan psikiatris dari Universitas Katolik Amerika di Washington DC. Di waktu senggangnya, ia menulis salah satu textbook dasar untuk keperawatan psikiatris bersama Hofling, berjudul Basic Psychiatric Nursing Consept pad tahun 1960 dan dicetak dalam 11 bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar